'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pengajian Rutin PD ‘Aisyiyah Kota Palopo Bahas Thaharah
06 April 2017 07:15 WIB | dibaca 281

PDA.PALOPO.Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Palopo, Rabu (5/4/2017) kembali menggelar pengajian rutin di Masjid Al-Qalam Muhammadiyah, Kompleks Perguruan Menengah Muhammadiyah, Jalan KH. Ahmad Dahlan Kota Palopo. Dalam pengajian ini mengangkat materi tentang Thaharah dengan pemateri Drs. KH. Bashori Kastam, Wakil Ketua Bidang Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palopo. Nampak besar animo para kader-kader ‘Aisyiyah di Kota Berdimensi Religi ini untuk mengikuti pengajian rutin tersebut.

Dalam pengajian rutin ini, mantan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palopo periode 2010-2015 mengungkapkan bahwa masa sekarang ini masih banyak orang di kalangan kaum muslimin yang belum memahami pentingnya thaharah (bersuci). Seolah thaharah hanyalah bagian dari kurikulum pelajaran Agama Islam di sekolah, atau dalam bab Fiqih Ibadah, tapi dalam prakteknya, masih banyak yang belum mengaplikasikannya dengan benar sesuai dengan al-qur’an dan as-sunnah.

“Ternyata masih banyak yang belum paham tentang thaharah, seakan ini hanya sebuah pelajaran yang biasa-biasa saja, namun ini merupakan hal yang sangat penting, karena harus sesuai dengan al-qur’an dan as-sunnah” ungkap Bashori.

Lanjut Bashori, thaharah secara bahasa berarti bersih dan membebaskan diri dari kotoran dan najis. Sedangkan pengertian thaharah secara istilah (syara’) adalah menghilangkan hukum hadats untuk menunaikan shalat atau (ibadah) yang selainnya yang disyaratkan di dalamnya untuk bersuci dengan air atau pengganti air, yaitu tayammum.

Diakhir pengajian, Bashori Kastam mengungkapkan jenis-jenis thaharah, serta pembagian-pembagian thaharah berdasarkan beberapa sumber. (SRI)

Shared Post: